Senin, 14 Januari 2013

PLC

Add caption

PLC itu semacam apa sih ?.

Baik...,kita coba simak dulu arti singkatan dari PLC itu sendiri..! PLC artinya Programable Logig Controller (..itu klw tidak salah, n klw salah ?..ya yang ngajarin gw dulu juga salah). Lalu apa sesungguhnya fungsi dari PLC itu ?, nah ini dia...persis dengan pertanyaan yang ada dibenak saya waktu itu. OK, coba kita urai satu persatu:

-P (Programable) sebagai penyimpan data program yang dibuat oleh seorang programer. Semua data yang dibuat dapat diubah tergantung fungsi dan kegunaannya.

-L (Logig) sebagai pengelola data input aritmatik. Artinya semua data input penjumlahan, perkalian, pengurangan dll, di olah dengan baik oleh fungsi yang satu ini.

-C (Controller) menghasilkan output yang mengatur proses sesuai data programable dan hasil dari perhitungan aritmatik di atas.

Jadi kesimpulan dari pemahaman arti dan fungsi PLC dapat di definisikan bahwa PLC adalah suatu perangkat elektronik digital yang mampu menyimpan memori dan menjalankan fungsinya sesuai fungsi spesifik: aritmatika, logika, timing, sequen dan counting yang mengatur operasional mesin industri baik yang di jalankan sendiri-sendiri (unlock) maupun yang berjalan bersamaan dan saling terkait (interlock).

PLC adalah prodak dari perpaduan perangkat lunak (software) dan perangkat keras (hardware) dimana keduanya sangat penting dan wajib di adakan. Tanpa software PLC tidak akan pernah 'running' begitu juga sebaliknya. PLC adalah 'computer husus' untuk aplikasi Industri yang mempunyai bahasa programan mirip Visual Basic (VB).Lewat bahasa programan inilah seorang programer mengatur system untuk menjalankan proses monitoring sekaligus proses protections.


Personil pemeliharaan untuk PLC tidak terlalu memerlukan orang berkemampuan kelistrikan dan elektronika yang hebat. PLC hanya memerlukan orang orang yang berlogika baik. Untuk menangani trouble shooting pada PLC cukup pleksibel, apabila tidak terlalu beresiko kadang boleh di jamper melalui data program (ladder) atau langsung di terminal modul. Tapi jangan lupa setelah ada spasi jamperan harus di lepas dan membetulkan penyebab kegagalan operasional.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar